Cara Memilih dan Membeli Senar Gitar Akustik dan Elektrik

cara memilih dan membeli senar gitar akustik dan elektrik

Mungkin sebagian dari kamu sempat bingung saat Memilih senar gitar, Meskipun terlihat sepele tapi ternyata memilih senar gitar juga harus kamu perhatikan, Karena akan sangat berpengaruh ke suara gitar yang dihasilkan dan tentu saja kenyamanan kamu saat bermain gitar.

Untuk mereka yang sudah terbiasa atau sudah mengerti cara memilih senar gitar yang baik tentu sangat membantu dalam memainkan gitar itu sendiri. Namun bagi yang belum terbiasa apalagi tidak tahu karakter suara gitar yang ingin di hasilkan akan membuat kita cenderung merasa stress dengan suara yang di hasilkan dan tidak sesuai keinginan kita.

Mungkin kamu pernah mengalami hal dimana saat kamu memainkan gitar teman, Gitar rasanya sangat enak dan nyaman di mainkan, akan tetapi saat memainkan gitar milik sendiri terasa berbeda dengan gitar milik teman. Hal seperti ini sering terjadi bagi kebanyakan gitaris pemula atau yang baru ingin belajar gitar. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih senar gitar :

Ukuran Senar Gitar

Kamu harus tahu, bahwa semakin besar diameter senar gitar, akan semakin besar (bass) juga juga suara yang di hasilkan. Kekuatan tangan sangat di butuhkan agar bisa memainkan teknik seperti bending. Jika kamu adalah seorang pemula, jika tidak terbiasa kan membuat cidera pada jari.

Sedangkan untuk senar gitar yang lebih kecil diameternya, akan semakin kecil suara (treble) yang di hasilkan. Senar gitar yang berdiameter kecil akan mudah untuk melakukan bending, Kamu hanya mengatur dan mengontrol kekuatan bending, Supaya nada tidak terlalu tinggi.

Untuk gitar listrik, Biasanya menggunakan senar gitar ukuran no.10. Sedangkan untuk gitar akustik,Biasanya menggunakan ukuran nomor 11.

Karakteristik Suara dan Jenis Senar Gitar

Biasanya senar gitar yang sering digunakan adalah senar gitar nilon dan baja. Pada gitar klasik sering menggunakan senar gitar berbahan nilon. Sedangkan untuk senar baja terbagi menjadi 3 yaitu Bronze, fosfor, dan Coated.

1Perunggu (Bronze)

Suara yang di hasilkan ceria atau chrunc. Sangat cocok untuk lagu-lagu bernuansa ceria atau gembira. Kelemahan dari Senar gitar Bronze adalah tidak tahan lama.

2Fosfor Perunggu (Phosphor Bronze)

suara yang di hasilkan ceria atau chrunce atpi tidak se-ceria bahan bronze. Bahan ini sangat untuk pemain gitar solo dan sering memainkan petik atau tapping. Senar gitar dengan bahan Phospor Bronze daya tahannya lebih tahan lama dibandingkan dengan bahan perunggu (Bronze) karena kandungan Fosfor yang membantu mencegah senar gitar berkarat.

3Coated

Suara yang di hasilkan tidak se-ceria kedua jenis bahan yang ada di atas. Tapi daya tahan jenis senar gitar ini paling lama.

Kenapa senar gitar mudah berkarat? Itu karena kelembaban udara, selain itu juga kelembaban dari tangan yang memainkan, hal ini biasanya karena keringat yang bercampur debu di tangan.

GROUPBANDS STAFF
"Love is the answer, and you know that for sure; Love is a flower, you've got to let it grow". - John Lennon