4 Jenis Musik ini Cocok Untuk Terapi

terapi musik untuk kesehatanTerapi musik adalah usaha meningkatkan kualitas fisik dan mental dengan rangsangan suara yang terdiri dari melodi, ritme, harmoni, timbre, bentuk dan gaya yang diorganisir sedemikian rupa hingga tercipta musik yang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Musik memiliki kekuatan untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kemampuan pikiran seseorang. Saat musik diterapkan jadi sebuah terapi, musik bisa meningkatkan, memulihkan, dan memelihara kesehatan fisik, mental, emosional, sosial dan spiritual.

Musik memiliki ritme, irama, dan harmoni yang berbeda-beda sehingga ada banyak jenis musik yang bikin tiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda.

Pengaruh musik yang besar untuk pikiran dan tubuh kita. Misalnya, saat Kamu mendengarkan suatu alunan musik (walaupun tanpa lagu), sesaat Kamu bisa merasakan efek dari musik itu. Ada musik yang bikin Kamu senang, galau, terharu, terasa sunyi, semangat, mengingatkan tentang mantan masa lalu dll.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah semua jenis musik bisa dijadikan musik terapi? Bagaimana agar musik terapi efektif dan berguna bagi kita? Apakah musik dangdut juga salah satunya? Simak artikel berikut yuk untuk tahu jawabannya.

Jenis-Jenis Musik Terapi

Para ahli menyimpulkan kalau hampir semua jenis musik bisa digunakan untuk musik terapi. Tapi, dari berbagai jenis musik yang ada, hanya beberapa saja yang sering digunakan untuk terapi. Jenis musik apa saja itu? Berikut ini jenis-jenis musik yang sering dijadikan musik terapi oleh kebanyakan orang.

1Musik Jazz

Musik jazz adalah gabungan instrumen yang menggunakan gitar, trombon, piano dan saksofon sebagai musiknya. Walaupun musik jazz dimulai dari Amerika Serikat, saat ini musik jazz bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat dunia dan dari kelompok mana saja.

Musik jazz belakangan banyak juga digunakan oleh restoran yang ingin memberikan suasana yang nyaman untuk menemani para pengunjung mereka agar lebih betah dan menikmati makanan mereka dengan santai.

2Musik Tradisonal

Musik tradisional adalah musik yang berasal dari berbagai daerah. Ciri khas pada jenis musik ini terletak pada suara yang dihasilkan oleh alat musiknya dan masing-masing sesuai bahasa dan daerahnya.

Sebuah hasil riset pada musik tradisional menyimpulkan kalau langgam jawa bisa menurunkan rasa nyeri yang dirasakan oleh ibu bersalin. Wow!

3Musik Klasik

Musik klasik adalah gabungan instrumen yang menggunakan violin, biola, piano dan cello sebagai musiknya. Ciri utama musik klasik adalah memiliki sedikit iringan vokal atau bahkan terkadang sama sekali tidak memiliki iringan vokal pada musiknya.

Ciri selanjutnya adalah diiringi orkestra. Musik klasik memiliki kecenderungan untuk menenangkan tubuh dan menormalkan detak jantung dan tekanan darah. Musik jenis ini adalah yang paling banyak disukai sebagai musik terapi.

4Musik dari Alam

Musik alam adalah suara yang dihasilkan oleh lingkungan alam sekitar. Salah satu contoh musik ini yang bisa dijadikan musik terapi adalah suara ombak. Sebuah surat kabar memberitakan kalau suara ombak bukan hanya sekedar memiliki efek menenangkan pikiran tapi juga untuk meringankan gangguan telinga berdengung.

Setelah tahu jenis-jenis musiknya, bagaimana caranya agar musik itu efektif dan bermanfaat untuk kita?

Agar musik terapis semakin efektif dan bermanfaat, coba beberapa cara berikut ini.

Sesuaikan jenis musik dengan tujuan yang ingin dicapai

Bayangkan jika Kamu menggunakan gaun panjang atau kemeja berlengan panjang dan celana panjang untuk berolahraga! Pasti pakaian itu akan merepotkan Kamu dan tujuan olahraga yang ingin dicapai tidak bisa didapatkan.

Begitu juga dengan musik terapi. Faktor terpenting untuk mendapatkan manfaat dari musik terapi adalah memilih jenis musik, ritme dan harmoni yang disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.

Sebagai contoh, saat perasaan Kamu sedih pilihlah jenis musik yang iramanya sedikit ceria seperti musik disco untuk memulihkan semangat. Saat perasaan Kamu cemas, tegang dan tidak menentu pilihlah musik berirama lambat dan lembut seperti musik jazz, klasik atau musik dari alam.

Mengembangkan selera musik

Mengembangkan selera musik juga adalah salah satu cara agar musik terapi efektif dan bermanfaat untuk kesehatan Kamu. Salah satu cara mengembangkannya adalah dengan belajar memainkan alat musik dan belajar bernyanyi.

Belajar memainkan alat musik dan bernyanyi memang terlihat sedikit menantang, tapi cara itu selain bermanfaat untuk menyalurkan kesedihan dan kecemasan bisa pula bermanfaat untuk menyambungkan kembali bagian otak yang rusak pada penderita stoke! Hal ini sudah dipelajari oleh tim dari Harvard, Amerika Serikat.

Cara berikutnya untuk mengembangkan selera musik adalah coba bertanya kepada teman atau keluarga Kamu tentang jenis musik apa saja yang mereka senangi dan apa saja pengaruh positif yang mereka rasakan pada saat mendengarkan musik itu.

Semoga artikel ini bukan hanya membantu Kamu untuk mengetahui jenis-jenis musik terapi tapi juga membantu menjadikan musik terasa efektif untuk kesehatan. Yuk, ajak semua teman dan keluarga Kamu untuk menjadikan musik sebagai alternatif terapi yang mengasyikkan.

GROUPBANDS STAFF
"Love is the answer, and you know that for sure; Love is a flower, you've got to let it grow". - John Lennon