Inilah Dampak Positive Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan dan Otak

pengaruh musik terhadap otak manusia

Mendengarkan musik bukan hanya hiburan semata. Tanpa Kamu sadari, alunan musik sebenarnya sudah memberikan perubahan suasana hati dan bahkan membantu Kamu untuk berkonsentrasi.

Musik yang setiap hari selalu kita dengar memiliki kemampuan khusus untuk menggerakkan emosi kita. Musik bisa bikin kita jadi riang, sedih, bahkan bisa bikin seseorang terharu dan meneteskan air mata. Begitu kuatnya pengaruh beberapa bait syair yang dimainkan dengan alunan kord-kord sederhana sebuah lagu.

Tahukah kamu studi ilmiah sudah menemukan kalau musik benar-benar bisa mengubah suasana hati kita. Lalu apa saja manfaat kesehatan yang bisa Kamu dapat dengan mendengarkan musik?

1Kesehatan mental yang lebih baik

Musik bisa sebagai pengobatan yang efisien dan positif untuk orang-orang yang berurusan dengan kondisi kesehatan mental. Seseorang bisa saja menggunakan musik untuk mengekspresikan hal-hal yang tidak bisa mereka ungkapkan dengan kata-kata.

Hal ini juga bisa bertindak sebagai stimulus untuk membangkitkan kenangan lama bersama mantan yang sudah terkubur atau untuk membangkitkan tanggapan emosional yang mungkin akan memakan waktu berminggu-minggu untuk bisa di sampaikan.

2Meningkatkan mood atau suasana hati

Beberapa orang mendengarkan musik untuk membantu memberikan dorongan saat melewati hari yang berat, sementara yang lain mungkin mendengarkan musik agar tetap terjaga selama menyetir mobil.

Setiap orang bereaksi terhadap musik dengan cara yang berbeda. Satu orang mungkin menyukai musik metal atau dangdut, sementara yang lain akan merasa bahagia jika mendengarkan Mozart.

Memutar musik favorit bisa membantu mencairkan suasana hati yang buruk. Para peneliti menunjukkan kalau mendengarkan musik yang mengasyikkan memicu pelepasan hormon bahagia yaitu dopamin.

3Berdampak positif pada pasien

Musik benar-benar berdampak positif yang signifikan pada pasien dengan penyakit kritis, seperti penyakit jantung, kanker dan pernapasan. Banyak percobaan sudah menunjukkan kalau musik bisa membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

4Meningkatkan kemampuan visual dan verbal

Pendidikan musik dini untuk anak-anak bisa menstimulasi otak anak-anak dan mengarah pada meningkatnya kemampuan dalam kecerdasan verbal atau lisannya. Mereka yang mengikuti kelas tambahan ekstrakurikuler musik bisa meningkatkan IQ lisan mereka dan kemampuan visualnya dibandingkan dengan mereka yang tidak mengikuti kelas musik apapun.

Untuk orang dewasa, melakukan latihan musik bisa menjaga otak tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia. Segala jenis aktivitas yang melibatkan musik bisa jadi latihan kognitif yang baik dan bikin otak lebih tajam.

5Mengurangi tekanan darah

Dengan mendengarkan rekaman musik yang lembut setiap pagi dan malam, orang-orang dengan tekanan darah tinggi bisa mengontrol dirinya untuk menurunkan tekanan darahnya. Menurut penelitian, mendengarkan musik klasik selama 30 menit bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan.

Untuk Kamu yang mau memulai olahraga lari, Kamu bisa mulai olahraga dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik saat olahraga lari bisa bikin Kamu lari lebih cepat, meningkatkan motivasi olahraga, dan meningkatkan ketahanan tubuh. Bahkan mendengarkan musik setelah olahraga bisa mengembalikan stamina tubuh Kamu dengan cepat.

6Redakan stres

Penelitian tahun 2011 dari lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan, hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat saat sedang bekerja. Dan satu dari empat orang mengakui kalau mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.

Musik bisa jadi penyemangat yang bagus saat Kita merasa merasa stres. Putarlah salah satu lagu favorit Kamu, maka itu bisa sangat menenangkan dan membantu mengurangi kecemasan.

7Tingkatkan daya tahan tubuh

Mendengarkan musik tertentu sebenarnya bisa membantu Kamu berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan kalau musik bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 %, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2%.

Apa jenis musiknya?

Walaupun ada kecenderungan tertentu kalau musik yang cepat untuk berolahraga, dan musik yang lambat untuk bersantai – memilih lagu-lagu dengan efek yang diinginkan seringkali berhubungan dengan preferensi pribadi.

Pengaruh jenis musik yang berbeda pada suasana hati akan sangat tergantung pada preferensi individu dan kebiasaan. Jika Kamu tumbuh dengan musik rock, maka mustahil kamu bisa mendengarkan musik klasik. Dan untuk orang yang tidak tahan mendengarkan musik rock, musik jenis lain mungkin yang akan bisa membangkitkan mereka.

Apa pun jenis musik Kamu, jika Kamu menyukainya, maka itulah yang bisa bermanfaat untuk kesehatan mental dan fikiran Kamu.

GROUPBANDS STAFF
"Love is the answer, and you know that for sure; Love is a flower, you've got to let it grow". - John Lennon